Sabtu, 02 Februari 2013

Diet dan manfaatnya bagi jantung




Menjadi vegetarian bisa jadi keputusan besar yang diambil seseorang terkait dengan kebiasaan makannya. Beberapa orang yang menjadi vegetarian mengalami kesulitan beradaptasi dan merasa selalu lapar. Apakah menjadi vegetarian adalah keputusan yang tepat untuk Anda?
Sebelum memutuskan menjadi vegetarian,a da baiknya Anda mempertimbangkan beberapa fakta terkait kebiasaan ini. Penelitian menunjukkan bahwa menjadi vegetarian bisa menurunkan risiko penyakit jantung, serta memberikan banyak manfaat karena Anda mengonsumsi sayuran dan buah dengan teratur dan lebih sering. Selain itu, tidak mengonsumsi daging juga bisa menguntungkan secara finansial.
"Dalam hal kesehatan, menjadi vegetarian bisa jadi pilihan yang sangat sehat," ungkap Lisa Young, ahli nutrisi di New York University. "Daging dan keju biasanya tinggi lemak jenuh, dan menghilangkannya dari daftar makanan bisa jadi hal yang sangat bagus untuk kesehatan jantung.
Untuk memenuhi kebutuhan protein yang biasa diberikan oleh daging pada non-vegetarian, para vegetarian bisa mengonsumsi makanan yang mengandung kedelai seperti tahu, tempe, biji-bijian dan kacang-kacang lain, serta sayuran berdaun hijau seperti bayam atau kale.
Meski begitu, Young mengingatkan bahwa menjadi vegetarian bukan langkah tepat jika yang diinginkan adalah menurunkan berat badan. Menjadi vegetarian tak ada hubungannya dengan menurunkan berat badan. beberapa vegetarian justru mengalami kenaikan berat badan setelah memutuskan meninggalkan daging.
Young memberikan beberapa hal yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk menjadi vegetarian, seperti dilansir oleh NY Daily News (01/02), berikut ini:
1. Merencanakan segalanya
Sebelum menjadi vegetarian, pikirkan makanan pengganti daging yang akan memenuhi nutrisi harian. Anda bisa mendatangi ahli nutrisi untuk berkonsultasi mengenai nutrisi yang Anda butuhkan. Berbicara dengan ahli nutrisi penting jika Anda memiliki penyakit anemia atau kekurangan zat besi. Begitu juga dengan vegetarian yang sedang hamil.
2. Jangan takut mencoba
Menjadi vegetarian berarti Anda harus bersahabat dengan banyak jenis sayuran. Jadi, jangan takut mencoba mengonsumsi jenis sayuran baru yang belum pernah Anda makan sebelumnya. Begitu juga dengan buah-buahan. Hal ini akan menghindarkan Anda dari rasa bosan karena tak bisa makan daging.
3. Mulai perlahan
Cobalah tidak makan gading selama satu atau dua hari dalam seminggu, kemudian perhatikan keadaan Anda. Jika Anda merasa lebih sehat atau lebih baik, Anda bisa meneruskannya. Namun ika Anda merasa tak tahan karena tak bisa makan daging, sebaiknya pikirkan lagi keputusan Anda untuk jadi vegetarian.
4. Jangan bergantung pada makanan kemasan
Saat ini banyak makanan kemasan yang bebas daging. Namun bukan berarti makanan itu bisa Anda konsumsi dengan bebas. Banyak makanan kemasan bebas daging yang tidak sehat karena kandungan garam dan gula di dalamnya. Jadi lebih baik cek label nutrisi makanan sebelum mengonsumsinya. Lebih aman lagi jika Anda tetap mengonsumsi makanan dan sayuran segar.
Itulah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menjadi vegetarian.

Manfaat Diet


Ingin jantung tetap sehat? Sebaiknya kurangi konsumsi daging. Jika perlu, Anda harus menjadi vegetarian. Sebab penelitian terbaru dari University of Oxford menyebutkan kalau menjadi vegetarian mampu menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 32 persen.
Penelitian tersebut tepatnya melibatkan 44.561 pria dan wanita asal Inggris dan Skotlandia. Sekitar 34 persen dari responden adalah vegetarian, sehingga ini adalah salah penelitian terbesar dari Inggris tentang vegetarian dan pemakan daging.
Variabel lain yang terkait dengan jenis kelamin, usia, aktivitas, dan kebiasaan merokok responden juga diperiksa. Bahkan meskipun BMI (body mass index) disesuaikan, vegetarian tetap punya kesempatan menurunkan risiko sakit jantung sebesar 28 persen.
Menurut peneliti, rendahnya tekanan darah dan kadar kolesterol pada para vegetarian adalah kunci utama dari penurunan risiko sakit jantung.
"Kebanyakan risiko sakit jantung disebabkan oleh kolesterol dan tekanan darah tinggi, jadi mengontrol kedua hal itu lewat makanan bisa mencegah penyakit tersebut," tegas kepala penulis penelitian Francesca Crowe, seperti yang dikutip dari Huffington Post.
Sebelumnya, sudah banyak penelitian yang membuktikan kalau jadi vegetarian juga memberi berbagai manfaat kesehatan. Misalnya memperpanjang usia, memperbaiki suasana hati, membantu menurunkan berat badan, dan menurunkan risiko kanker.
Jika Anda kesulitan menghilangkan menu daging, peneliti pun menyarankan agar Anda mengurangi konsumsinya. Caranya adalah hanya dengan makan daging satu atau dua minggu sekali saja.

6. makanan laut untuk jantung sehat


Seafood atau makanan laut adalah makanan sehat sekaligus lezat. Selain itu, makanan laut sangat baik untuk jantung sehat karena mengandung kolesterol baik atau asam lemak omega-3. Beberapa jenis seafood, seperti udang dan tiram, juga termasuk dalam kategori makanan yang kaya kalsium lho. Makanan kaya kalsium adalah suatu keharusan bagi wanita yang memiliki tulang lemah. Berikut adalah beberapa seafood sehat juga kaya zinc. Berikut adalah enam makanan laut yang baik untuk kesehatan jantung, seperti dilansir Boldsky.

1. Salmon

Ikan ini kerap disebut sebagai makanan untuk memori otak. Salmon mengandung lemak baik dan beberapa vitamin, seperti vitamin A dan D, yang membuat sistem saraf dalam kondisi kerja yang baik.

2. Tiram

Tiram kaya akan kalsium dan seng yang dibutuhkan, baik pria maupun wanita. Kalsium dibutuhkan untuk menjaga tulang tetap sehat, sedangkan seng baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh.

3. Kepiting

Kepiting memiliki kandungan tinggi natrium, sehingga Anda tak perlu menambahkan garam ketika memasaknya. Kepiting juga kaya akan asam lemak omega-3 dan juga mengandung banyak protein sehat.

4. Kerang

Kerang mengandung hampir nol lemak dan banyak protein. Makan kerang juga dapat membantu menurunkan berat badan lho. Pasalnya, setelah makan kerang, perut akan terasa kenyang lebih lama.

5. Udang

Udang adalah salah satu makanan laut yang populer karena rasanya yang lezat. Udang memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk melawan kanker dan menunda penuaan. Tetapi, pastikan Anda tidak makan udang secara berlebihan sebab dapat memicu alergi.

6. Sarden

The American Heart Association menyatakan bahwa ikan ini termasuk salah satu varietas yang paling bergizi. Sarden mengandung banyak asam lemak omega-3 yang menjaga jantung tetap sehat dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Inilah enam makanan laut yang baik untuk jantung. Selain menjaga asupan makanan yang masuk ke perut, jangan lupa untuk rajin berolahraga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar